Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone saat Mudik Lebaran

Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone saat Mudik Lebaran

DiditTips - Smartphone kini semakin banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia, sebagai contoh salah satu vendor Samsung yang saat ini cukup tinggi peminatnya di kalangan masyarakat Indonesia.

Ketika mudik, daya tahan baterai sangat sekali dibutuhkan untuk operasional, terutama disaat keadaan genting dan untuk menjaga agar baterai ponsel sobat awet, hemat dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk baterai terutama bagi pengguna Samsung Galaxy.

Berikut tipsnya dibawah ini :

1. Stop Aplikasi yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang terdapat dalam ponsel android yg tidak digunakan menjadi penyebab baterai Samsung Galaxy dan semua smartphone menjadi sangat boros. Untuk itu, kalo ingin menghemat baterai, ada baiknya sobat selalu perhatikan aplikasi apa saja yang berjalan di background dan segeralah menyetopnya.

Coba cek penggunaan baterai dengan langkah singkat, masuk menu Settings - Battery, dan cari Battery Usage. Lihat aplikasi apa yang mengkonsumsi baterai paling banyak, dan silakan uninstall atau batasi penggunaannya secara bijak.

2. Hati-hati dalam Install Aplikasi

Untuk dapat menghemat baterai Samsung Galaxy atau smartphone Android lainnya, perhatikanlah aplikasi yang di-install di ponsel sobat. Baca dengan seksama akses apa saja yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi di smartphone.

Beberapa aplikasi akan membuat baterai smartphone cepat habis karena terus-terusan melakukan PING lokasi Android. Jadi, segeralah kurangi penginstalan aplikasi yang tidak penting dan membutuhkan akses lokasi.

3. Disable Aplikasi Bawaan Smartphone

Bukan hanya menjadi vendor yang paling banyak mengeluarkan smartphone Android, Samsung juga menjadi salah satu vendor yang menyematkan banyak bloatware (aplikasi bawaan) pada smartphone besutannya.

Nah, untuk menghemat baterai, coba disable bloatware ini dengan cara masuk Settings - Apps, lalu tap aplikasinya dan pilih Disable. Jika kebetulan Samsung Galaxy sudah root, hapus bloatware-nya. Untuk cara rootnya bisa anda lihat disini Cara root Samsung Galaxy Tanpa Pc

4. Power Saving Mode


Jika kebetulan smartphone sobat sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, maka cara menghemat baterai Samsung Galaxy yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan mengaktifkan power saving mode, yakni masuk ke fitur Power Saving Mode di menu pengaturan.

Pada mode ini semua fungsi smartphone yang mengkonsumsi baterai akan dibatasi langsung oleh sistem, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, hingga lokasi. Cara masuk Power Saving Mode adalah dengan akses ke Settings - Battery, lalu aktifkan Battery Saver.

Jika kebetulan menggunakan smartphone Samsung Galaxy terbaru, seperti Samsung Galaxy S6 Edge, kamu bisa masuk ke menu Ultra Power Saving Mode yang akan membuat tampilan Samsung Galaxy menjadi terlihat klasik dan tentu saja keren sekali.

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper


Cara menghemat baterai Samsung Galaxy selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan Live Wallpaper. Kenapa? Karena dapat memakan banyak daya. Meski memang akan membuat tampilan smartphone lebih hidup dan menarik, tapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai. Sebaiknya, gunakan wallpaper statis yang menggambarkan kepribadian kamu saja.

Baca juga :
Itu saja tips sederhana menghemat baterai Smartphone namun tentu saja jitu untuk mengurangi penggunaan baterai, sehingga dapat lebih menghemat baterai smartphone untuk menemani perjalanan mudik sobat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone saat Mudik Lebaran"

Post a Comment