5 Fitur Terbaru Android Nouget Besutan Google


DiditTips - California - Perusahaan raksasa teknologi dan internet terbesar didunia, "Google, akhirnya baru saja meresmikan nama terbaru dari sistem operasi (OS) Android yang mereka kembangkan.

Kode nama Android N yang selama ini telah dipublikasikan lewat kontes kepada publik sejak digelarnya ajang Google I/O, telah resmi memiliki sebutan baru yaitu, Android Nougat.

Kutip Laman GSMArena "menyebutkan, OS Android Nougat ini, akan menjadi sistem operasi terbaru yang dihasilkan oleh Google dengan mengusung awalan huruf N.

Sebagai pengembang sistem operasi ini, Google bahkan merayakan hadirnya OS Android anyar ini dengan resmi menampilkan patung Android Nougat, di halaman depan kantor pusat mereka yang ada di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.

BACA JUGA

Android Nougat ini dilengkapi dengan banyak sekali peningkatan, yang banyak di antaranya berada “di belakang layar” alias tidak bisa diakses secara langsung oleh para pengguna.

Namun, ada 5 (lima) peningkatan dalam Android Nougat yang menonjol dan membuatnya patut untuk dicoba.

Apa aja sih 5 peningkatan tersebut? Yuk cek di bawah ini :

1. Dukungan Multi-window

Pengguna Android Nougat terbaru kini akan bisa menampilkan dua aplikasi yang dijalankan bersamaan secara berdampingan dalam satu layar.

Untuk mengakses hal ini, dari layar Recent apps, pengguna hanya cukup menekan dan menahan aplikasi yang akan dijalankan. Cukup mudah sekali.

Begitu muncul prompt, tariklah aplikasi tersebut ke bagian atas layar.

Lakukan langkah yang sama dengan aplikasi lain untuk mendapatkan dua aplikasi yang dijalankan berdampingan.

Setelah selesai, kedua aplikasi itu akan tampil berdampingan dalam satu layar.

Namun, tentu saja tidak semua aplikasi bisa dijalankan dengan cara ini sehingga pengguna harus melakukan percobaan sendiri.

Untuk komputer tablet, pengguna bahkan bisa mengatur ukuran jendela aplikasi sesuai keperluan.

2. Direct Reply

Android Nougat menawarkan fitur Direct Reply yang memungkinkan pengguna menjawab sebuah pesan secara langsung via jendela notifikasi. Kemampuan ini bisa diakses via aplikasi messaging apa pun yang menggunakan Google API. Dalam aplikasi tertentu, pengguna bahkan bisa membuat pesan yang masuk tampil kembali beberapa saat kemudian atau mengabaikannya untuk dibaca nanti. Jadi kita dimudahkan dalam membalas pesan message

3. Quick Settings Lebih Cerdas

Jika pada versi Marshmallow menghadirkan Quick Settings, Android Nougat pun akan menghadirkan Quick Settings namun di tingkatkan menjadi dinamis. Pengguna masih akan melihat ikon kecil yang menampilkan akses langsung ke fungsi-fungsi yang sering dipakai.

Bedanya, dalam Android Nougat, pengguna bisa melakukan penyesuaian tentang setting mana yang akan ditampilkan dalam menu.

Satu sentuhan terhadap aneka ikon setting ini akan menampilkan informasi di dalam kotak notifikasi. Sementara menekan dan menahan ikon ini, akan membawa Anda ke panel Settings untuk menampilkan fitur yang tersedia di dalamnya.

Contohnya, jika penasaran dengan durasi daya yang tersisa pada baterainya, pengguna bisa menekan dan menahan ikon baterai untuk melihat daya baterai yang tersisa (dalam jam).

4. Panel Settings yang Informatif

Panel Settings pada Android Nougat masih memiliki tampilan yang mirip dengan versi sebelumnya, yaitu berupa daftar berbagai opsi yang bisa dipilih pengguna.

Apa bedanya?, kini panel ini dilengkapi dengan keterangan singkat di bawah setiap kategori setting yang dipilih.

Misalnya, jika pengguna memilih menu wireless & networks, akan ditampilkan banyaknya data dalam satuan gigabyte (GB) yang sudah dipakai.

5. Menu Recent Apps yang Memudahkan

Pada Android Nougat, kini telah tersedia tombol Clear All untuk menghapus daftar aplikasi yang diakses baru-baru ini secara cepat sekali.  Selain itu, Android Nougat kini juga memungkinkan pengguna menge-tap dua kali tombol Recent apps untuk mengakses aplikasi terakhir yang dipakai.

Android Nougat juga membatasi banyaknya aplikasi yang ditampilkan dalam menu Recent apps. Aplikasi yang tidak diakses selama jangka waktu tertentu tidak akan ditampilkan dalam menu ini.

Meskipun demikian, belum ada penjelasan resmi tentang durasi tidak diaksesnya sebuah aplikasi sehingga layak digolongkan menjadi “jangka waktu tertentu”.

Itulah info singkat mengenai Sistem Android Terbaru Besutan Google yang dikembangkan menjadi Sistem Android N (Nougat), sistem android ini pertama akan hadir untuk Smartphone Seri Nexus jadi kalian pengguna smartphone merk lain harus sabar menunggu kehadirannya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Fitur Terbaru Android Nouget Besutan Google"

Post a Comment