5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

5 Cara Atasi Masalah di Android - RupeRupe - Pada zaman teknologi ini, smartphone dijadikan salah satu perangkat ponsel yang hampir tidak bisa dilupakan dari kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, tetapi juga bertransaksi, melakukan pekerjaan hingga sampai dengan bermain game.

Tapi, sering kali smartphone tersebut tak bisa berjalan dengan baik,dan tak bisa bekerja dengan maksimal. Masalah itu kerap kali muncul dalam beberapa kejadian, misalkan aplikasi yang tidak bisa diakses hingga koneksi internet yang tak tersambung.

Hebatnya, smartphone berbasis Android ada cara untuk mengatasinya. semua hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mudah, sehingga tak diperlukan seseorang dengan keahlian yang khusus.

Untuk itu, kami akan memberikan tips lima cara mengatasi masalah yang kerap ditemui pada smartphone Android anda di bawah ini :

1. Bersihkan cache pada aplikasi

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

Salah satu yang sering pengguna Android alami adalah aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu contohnya adalah aplikasi yg sedang dijalankan tertutup tiba-tiba (force close), dan tidak bisa diakses.

Untuk itu, menutup aplikasi secara langsung melalui menu recent apps menjadi salah satu cara yang tepat dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya sih cukup mudah, Anda cukup melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dari fitur recent apps, dan membersihkan aplikasi tersebut yang dianggap bermasalah.

Jika cara itu masih belum berhasil menyelesaikan masalah Anda, maka Anda dapat menghapus data cache dari aplikasi yang tersebut. Anda hanya cukup masuk ke menu klik gambar gir 'Settings', lalu buka 'Apps', dan kemudian buka aplikasi yang dirasa bermasalah.

Setelah dibuka, pengguna cukup mengklik 'Clear Cache' untuk menghapus semua data yang tak terpakai. Selain 'Clear Cache', pengguna juga dapat memilih 'Clear Data' untuk membuat aplikasi berada dalam kondisi saat pertama kali dipasang.

2. Masalah di koneksi

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

Ponsel Android biasanya sudah mempunyai beberapa fitur yang mendukung banyak koneksi, mulai dari Wi-Fi, Bluetooth, termasuk data seluler. Namun, tak jarang muncul masalah sehingga masing-masing fitur tidak dapat berguna semana mestinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara sederhana mengatasinya adalah menyalakan mode aeroplane selama beberapa detik lalu mematikannya kembali. Pada dasarnya, tak berbeda jauh dari memilih mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali (Restart).

Lewat cara ini, semua fitur tersebut akan di-reboot dan disetel ulang pada posisi awal. Dengan demikian, semua fitur diharapkan dapat kembali berjalan normal.

Cara lain untuk mengatasi koneksi pada Wi-Fi dan Bluetooth adalah dengan cara membuat ponsel 'melupakan' semua jaringan yang sudah terhubung sebelumnya. Dengan demikian, ponsel membutuhkan kode untuk dimasukkan agar bisa terhubung kembali dengan perangkat lain.

3. Setel ulang ponsel

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

Ketika beberapa cara di atas tak menemui hasil, tak ada salahnya untuk me-restart ponsel yang digunakan. Cara ini dilakukan untuk menyetel ulang semua koneksi data, aplikasi, termasuk ponsel itu sendiri dan bisa menyala kembali dalam keadaan bersih.

Namun, jika masih kesulitan untuk melakukan proses restart seperti biasanya, ada cara lain untuk membuat ponsel me-reboot sistemnya.

Caranya, tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Setelah itu, ponsel otomatis akan melakukan reboot sistem seperti biasanya.

4. Cek pemakaian baterai

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

Seringkali pengguna Smartphone Android mengeluhkan masalah baterai yang cepat sekali habis. Namun, sebenarnya ada Tips untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan banyak daya baterai. Dengan demikian, pengguna dapat menonaktifkan aplikasi tersebut.

Caranya mengantisipasinya yaitu, pengguna bisa membuka menu 'Settings', lalu pilih 'Battery'. Setelah itu, lihat aplikasi yang paling banyak menghabiskan daya baterai.

Namun, perlu anda ingat bahwa tidak semua daftar di menu baterai itu adalah aplikasi unduhan, ada pula dari sistem yang terus digunakan untuk menjalankan Android.

Selain nasalah di atas ada juga kerusakan lain yang dapat mengakibatkan Android tidak bisa di cas, untuk itu saya sudah siapkan artikel mengenai : 5 Cara Memperbaiki Hp Android Tidak Bisa Di Cas !

5. Lakukan factory reset

5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe

Langkah ini adalah langkah akhir apabila memang beberapa cara yang dilakukan diatas tidak berhasil. Cara ini memastikan ponsel pengguna kembali seperti baru lagi, dan dimungkinkan untuk memasang aplikasi apapun juga.

Untuk menu 'Factory Reset' ini dapat ditemukan di dalam pengaturan dan di bawah pilihan 'Backup & reset' di menu 'Settings'. Dengan melakukan penyetelan ulang, diharapkan seluruh masalah tadi dapat diselesaikan.

Tetapi perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada dalam ponsel seperti, game, aplikasi, foto, termasuk apapun yang sudah pernah diunduh sebelumnya. Untuk itu, sebelum memilih cara ini, sebaiknya pengguna membuat data cadangan (Backup)

Itulah 5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android, semoga bermanfaat

Sumber : m.liputan6.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara Atasi Masalah yang Kerap Muncul di Android - RupeRupe"

Post a Comment