Teruntuk Mamah Muda, Ini 6 Bisnis Online yang Bisa Membuat Kamu Bahagia


Disekitar rumah aku ada kumpulan ibu-ibu yang alat tempurnya adalah sapu, pel, sutil masak, ulek-ulek, setrika, dan semacamnya. Meskipun sudah mempunyai aktivitas yang lumayan 'padat', ternyata masih bisa-bisanya untuk nge-gosip, nonton sinetron, dan kelakuan kurang produktif lainnya.

Padahal sih kegiatan kurang produktif itu bisa diganti dengan kegiatan yang ada manfaatnya. Aktivitas yang Insya Allah dapat dikerjakan oleh para mahmud (mamah muda) di Indonesia. Kegiatan tersebut namanya bisnis online. Yaa online ...

Kebanyakan, ibu-ibu identik dengan yang namanya memasak, ngelon anak, belanja ke pasar, ngayomi suami, dan beres-beres rumah. Tapi sekarang adalah saat yang begitu tepat untuk perlahan-lahan mengubah penilaian tersebut. Bahwa ibu rumah tangga (mahmud) juga mampu berpenghasilan tanpa harus pergi jauh dari rumah serta anak-anak.

Disekmen kali ini aku akan jelaskan 6 potensi bisnis online (digital) yang gampang dilakukan oleh ibu-ibu. Aku berusaha semaksimal mungkin agar apa yang aku sampaikan di curahan ini gampang dimengerti dengan mudah dan dapat dilaksanakan dengan tidak mengganggu tugas mulia sebagai ibu rumah tangga.

Jadi, bagi para mamah-mamah muda, hayu kita pelajari referensi ini sampai selesai.

1. Membuat Sebuah Konten Berbayar


Sudahkah kamu PD atas hasil tulisanmu sendiri?Kalau ya, mungkin pekerjaan ini tidak ada salahnya untuk kamu ambil. Ada begitu banyak mamah muda yang berani terjun di usaha ini, karena memang natur kerja ini yang memungkinkan dikerjakan secara fleksibel dari berbagai tempat, termasuk dari ruang kamar rumah.

Biaya yang ditawarkan untuk setiap artikel yang ditulis juga berbeda tergantung dari jumlah kata dari konten yang simamah tulis. Konten dengan 500 kata umpamanya, bisa mendapatkan harga setidaknya Rp15.000. Lumayan kan kalau setiap hari kamu dapat membuat 4 konten. Maka per bulan sangat mungkin kamu memperoleh income bersih sekitar Rp1.200.000 (dengan hitungan hari Minggu libur).

Dan jika kamu mau atau bisa mendapatkan kerjaan ini, kamu bisa bergabung dengan website ini:

1. Sribulancer.com (cari penulis)
2. Arsip.co (jasa penulis konten)
3. Freelancer.co.id (menjadi penulis freelance)

Selain itu yang menguntungkan lainnya, job ini sifatnya tidak mengikat dan umumnya tidak menuntut target yang ketat. Yang harus kamu persiapkan yaitu kemampuan dalam merangkai informasi dari beragam sumber untuk ditulis ulang menjadi sebuah artikel yang utuh, karena sebagian besar konten yang kamu buat nanti adalah artikel berdasar keyword atau sesuai permintaan sipembeli/klien.

2. Bisnis Cocok Tanaman Hias


Kalo kamu hobi dengan kegiatan cocok tanam atau tentang tanaman, opsi ini tak ada salahnya jika kamu ambil, terlebih kalau kamu punya pekarangan rumah yang cukup untuk digunakan sebagai pembibitan dan cocok tanam.

Yang jadi pertanyaan, gimana caranya pekerjaan ini bisa menjadi sebuah bisnis online? Ya tentu saja bisa,kamu bisa pasarkan pakai beragam cara marketing online.

Bisnis cocok tanam ini paling gampang jika dijual menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Soalnya kan ini termasuk produk yang dicari oleh orang. Nahkan peluang nya sudah besar, data menyebutkan bahwa 9 dari 10 orang yang berselancar di internet akan menggunakan yang namanya search engine (untuk urusan ini tentu saja Google menjadi nomor satu di layanan mesin pencari). Kamu pun bisa mempelajari teknik-teknik SEO ini melalui konten yang banyak ditulis di blog-blog atau forum-forum di mbah google dengan mengetikan kata kunci Belajar SEO.

Jikalau kamu merasa susah dan jenuh dalam belajar strategi SEO atau merasa tidak sempat waktu untuk membagi fokus, tidak ada salahnya melimpahkan tugas SEO ini ke pihak yang berwajib😁 eh maksudnya ke pihak ahlinya 😂

Kamu bisa Googling menggunakan keyword utama "jasa SEO", tapi tetap perlu diperhatikan detail-detail terkait jasa yang mereka tawarkan jangan sampai kamu kena tipu dengan jasa yang abal-abal.

Sebagai bukti lainnya bahwa bisnis tanaman ini sangat menjanjikan kalau dikerjakan mode online bisa kamu lihat dari salah satu startup e-commerce yang fokus berjalan di bidang ini, yaitu Kebun Bibit. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara kerja mereka, yang selanjutnya bisa kamu modifikasi menyesuaikan dengan keinginanmu.

Ada lagi peluang yang dapat dimaksimalkan dari bisnis seputar tanaman ini. Sebuah startup asal Depok, Jawa Barat, meluncurkan platform yang mempunyai nama iGrow.

Apa itu iGrow? iGrow ini merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya bercocok tanam melalui teknologi digital, usalan lengkapnya bisa kamu pelajari melalui Google.

3. Design Undangan Nikah


Ada banyak sekali produk yang bisa dibuat dengan skill desain, namun kenapa aku sebutkan undangan pernikahan? Tidak lain tidak bukan karena request pasar online untuk hal ini begitu amat tinggi.

Merujuk pada info yang aku lihat dari Google Keyword Planner, keyword "undangan pernikahan" dicari rata-rata 33.000 orang setiap bulannya. Maksudnya ada sebanyak 3.000 orang yang mencari setiap hari. Ini permintaan yang terlalu besar untuk satu ide bisnis.

Kamu bisa buat web yang menawarkan template desain undangan yang sudah kamu buat. Jika kamu kebingungan apa yang semestinya dilakukan saat mau masuk ke bisnis ini, beberapa blog di bawah bisa menjadi rujukan dan inspirasi untuk kamu :

1. Undangan Pernikahan Menarik (bahasa Indonesia)
2. Wedding Paper Divas (bahasa Inggris)

Kamu bisa buka Google Keyword Planner dan membandingkan antara keyword "desain undangan pernikahan" dengan keyword desain yang lain. Bisa dibilang keyword undangan ini mempunyai permintaan yang sangat tinggi tapi kerjanya tidak terlalu kompleks.

4. Memanfaatkan Jalur Marketplace


Apa maksudnya? Seperti yang sudah familiar bagi kita semua, di negara ini ada dua pemain besar marketplace yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Kedua marketplace ini sudah mirip Indomaret dan Alfamart di kehidupan nyata. Kalau salah-satu pihak meluncurkan fitur baru, pihak satunya pun tidak mau ketinggalan.

Selain itu, baik Tokopedia maupun Bukalapak, keduanya mempunyai fasilitas dropship, yang memungkinkan orang-orang yang tidak memiliki barang bisa ikut menjualkan barang yang terdapat di kedua marketplace tersebut. Keterangan lebih lanjut tentang cara dropship dari kedua marketplace tersebut bisa dibaca di websitenya masing-masing.

Dengan menggunakan fitur dropship kamu tidak perlu repot foto barang, menyetok produk (kulakan), juga tidak pusing dengan kirim-kirim barang.

Semua kerepotan ini dapat selesai dengan memilih menjadi dropshipper saja. Mungkin profit bisa dibilang lebih sedikit, namun tanggung jawab rumah tanggamu bisa tetap terjaga karena kamu tidak akan terlalu repot ketika menjadi seorang dropshipper.

5. Jadi YouTuber, Rekam Kegiatan Berharga


Jangan salah loh, banyak sekali orang yang suka memperoleh inspirasi dengan gaya hidup orang lain, atau juga yang bertujuan untuk sekedar kepo belaka. Hanya bermodalkan handphone yang memiliki kamera 13 megapiksel, ditambah daya tampung memori yang super lega (misal 16 GB), kamu bisa mengabadikan setiap momen kehidupan keluargamu untuk durasi rata-rata lima menit.

Jangan buat lama-lama soal waktu, penonton sekarang kan cepat bosan, apalagi kalau konsep yang kamu produksi terlalu banyak dialog membosankannya. Sebaiknya banyak menonjolkan kegiatan menarik dan unik dari pada terlalu sering menampilkan dialog.

Yang saya maksud dengan aktifitas rumah tangga di sini adalah tips dan triks tentang cara memasak di dapur, mengasuh anak, gardening, tamasya atau traveling, wisata kuliner, dan lain-lain. Kalau kamu menonjolkan objek anak kesayangan, nuansa kehangatan keluarga bisa semakin nampak ketika di video itu tampil anak-anak kita yang menggemaskan.

Lalu kalau sudah jadi youtuber apa untungnya? Dan apa yg diperoleh jika rajin mengunggah video ke YouTube? Kamu bisa melakukan monetisasi dari iklan yang YouTube tawarkan dan akan muncul di rekaman yang kamu upload.

Nah, Dari iklan itulah kamu bisa memperoleh penghasilan. Info lebih lanjut mengenai monetisasi dari YouTube bisa kamu pelajari di panduan resmi Google di sini.

6. Punya Rumah Kosong? Manfaatkan Airbnb


Tahukah kamu mengenai perusahaan yang melayani jasa sewa-menyewa properti tapi tidak punya properti sama sekali? Perusahaan itu dikenal dengan nama Airbnb, sebuah perusahaan yang dominan dan mengandalkan kekuatan online yang memungkinkan kamu untuk menyewakan properti nganggur yang kamu miliki agar ada yang sewa.

Kalau kamu punya rumah yang sedang nganggur tidak terpakai, gak ada salahnya masukkan spesifikasi rumahmu di Airbnb ini. Mereka (Airbnb) akan mencarikan tamu untuk mengisi rumahmu. Selain Airbnb, ada juga platform lainnya yang dapat kamu manfaatkan seperti dibawah ini:

1. Lamudi.com
2. Rumah.com
3. Rumah123.com

Lumayan kan, daripada rumahnya kosong dan tidak bermanfaat dan dapat mengundang makhluk" ghoib #ehh 😁 jadi lebih baik disewakan, kan bisa ada manfaat untuk kamu, untuk tamu, dan untuk Airbnb juga.

Mungkin ini saja yang aku curahkan untuk pembahasan kali ini cukup, Kamu pun bisa baca tulisan aku yang lainnya yang membahas seputar tips trik bisnis online >> belajar bisnis online.

Shutt, untuk para suami, jangan lupa bagikan artikel ini kesemua istri Anda 😆

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teruntuk Mamah Muda, Ini 6 Bisnis Online yang Bisa Membuat Kamu Bahagia"

Post a Comment